Penelitian Ilmiah Manfaat Daun Yakon Untuk Penderita Penyakit Diabetes

Dzafaherba.com – Daun yakon (smallantus sonchifolius) adalah herbal yang populer dalam beberapa tahun terakhir, karena dalam beberapa penelitian medis menunjukkan efek positif dari daun yakon pada tikus diabetes. Berikut ini beberapa penelitian ilmiah yang membutktikan bahwa daun yakon efektif sebagai cara mengatasi diabetes.

Studi Klinis Pertama
Journal of Ethnopharmacology menerbitkan sebuah studi klinis pada tahun 2001 yang melibatkan pemberian rebusan teh dari daun yakon ke tikus yang telah diinduksi dengan diabetes. Tikus diberikan 10% dari teh yakon dengan suntikan atau melalui makan. Satu dosis tunggal sudah cukup untuk mengurangi kadar glukosa darah pada tikus, tetapi tidak memiliki efek secara signifikan pada diabetesnya.

Namun ketika tikus diberi 100% teh yakon selama tiga puluh hari, kadar glukosa darah tikus diabetes menurun secara signifikan, dan fungsi ginjal membaik. Para ilmuwan tersebut berkesimpulan bahwa teh daun yakon memang memiliki efek positif dan pada saat itu sangat mendorong penggunaannya pada manusia penderita diabetes.

Kapsul Daun Yakon
Kapsul herbal yang terbuat dari ekstrak daun yakon. Membantu menurunkan kadar gula darah dan memperbaiki sel pankreas. Resmi diperjualbelikan di Indonesia dengan register otentik BPOM bernomor POM TR. 173 302 811. Selengkapnya >>

Studi Klinis Kedua
Tim kedua ilmuwan melakukan percobaan pada tikus diabetes dengan berbagai ekstrak daun yakon pada tahun 2010. Diterbitkan dalam Interaksi CHEMICO-Biological, studi klinis ini diuji glukosa darah tikus diabetes dengan lima komposisi yang berbeda dari ekstrak daun yakon selama delapan minggu. Setelah delapan minggu pada ekstrak daun yakon, kadar glikemik dalam tikus diabetes telah terkontrol. Sekali lagi, para peneliti sangat antusias tentang daun ini dalam pengobatan diabetes.

BACA JUGA:

Uji Praklinis di Indonesia
Penelitian di Indonesia dilakukan oleh tim Hady Anshory T. Hasil penelitian tim ini telah disimposiumkan di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta pada 15 Maret 2014. Penelitian tersebut menggunakan sebanyak 36 ekor tikus jantan sebagai subyek uji. Tikus-tikus tersebut dibuat menjadi diabetes dengan menyuntikan suatu zat kimia yaitu streptozotocin (STZ). Tiga hari setelah disuntik dengan (STZ), tikus diberikan ekstrak daun ini setiap hari selama 16 hari. Hasil penurunan kadar gula darah tikus seperti pada grafik berikut:

Penjelasan hasil:
Setelah tikus disuntik dengan STZ terjadi peningkatan kadar glukosa darah sampai 500 mg/dl (padahal normalnya adalah 90-120 mg/dl) dalam waktu 3 hari. Setelah diberikan treatment dengan ekstrak daun yakon 120 mg/kgBB setiap hari selama 16 hari terjadi penurunan kadar gula darah sampai 72%, sedangkan tikus yang tidak diberi ekstraknya (kontrol negatif) kadar gula darahnya terus meningkat. Disamping itu jika dibandingkan dengan tikus yang diberi obat antidiabetes glibenklamid (kontrol positif), penurunan kadar gula darah hanya mencapai 17%. Hal ini menunjukkan bahwa efek penurunan kadar gula darah ekstrak daun yakon sangat kuat. Ekstrak daun ini ternyata mampu memperbaiki sel beta pankreas yang rusak, hal ini terlihat dari tabel hasil pengamatan sel beta pangkreas normal setelah ditreatment dengan ekstrak daun berkhasiat ini.

Disamping itu masih ada beberapa penelitian lain, misalnya oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, yang menghasilkan kesimpulan senada bahwa daun yakon memberikan hasil yang signifikan terhadap penurunan kadar gula darah. Semua ini sebagai cara mengobati diabetes ataupun cara menurunkan gula darah bagi penderita penyakit diabetes. Semoga bermanfaat…!

Waspada!

kaki palsu copy

Bisa mengakibatkan

KAPSUL

DAUN YAKON

100% bahan alami

Membantu menurunkan gula darah dan memperbaiki sel pankreas

Daun Yakon membantu menurunkan kadar gula darah dan memperbaiki sel pankreas.