Pantangan Asam Urat – Ketahui Jenis-jenis Makanan Pantangan Asam Urat

Dzafaherba.com – Makanan pantangan asam urat sudah seharusnya diketahui oleh penderita penyakit asam urat. Saat kambuh penderita penyakit asam urat mengalami rasa nyeri hebat di area persendian, hal ini karena kadar asam urat di atas ambang batas normal. Pada pria dewasa kadar asam urat normal normal berkisar 2 – 8,5 mg/dL, sedangkan pada wanita dewasa 2 – 8 mg/dL. Di atas ambang batas normal bisa dipastikan penderita akan merasakan gejala asam urat.

Salah satu cara untuk menghindari atau mencegah gejala asam urat adalah dengan melakukan diet purin. Sebagaimana sudah diketahui bahwa tingginya asam urat disebabkan karena konsumsi makanan tinggi zat purin. Oleh karenanya penderita asam urat harus mengetahui jenis makanan pantangan asam urat. Jenis makanan tinggi zat purin bukannya untuk dihindari, tapi dibatasi jumlah konsumsinya.

Kapsul Herburat
Kapsul herbal yang terbuat dari ekstrak buah mahkota dewa, daun songgo langit, dan daun beluntas. Membantu menurunkan kadar asam urat. Resmi diperjualbelikan di Indonesia dengan register otentik BPOM bernomor POM TR. 103 310 171. Selengkapnya >>

Berikut ini jenis makanan yang mengandung zat purin yang seharusnya dibatasi konsumsinya oleh penderita penyakit asam urat:

  • Daging, kandungan purin dalam makanan ini masih tergolong sedang. Jadi penderita penyakit asam urat masih bisa mengonsumsi daging sapi, daging unggas, daging kambing tanpa lemak paling banyak 170 gram setiap harinya.
  • Jeroan, jenis makanan ini tergolong makanan yang mengandung zat purin tinggi. Misalnya: hati, ampela, limpa, paru-paru, dan lainnya.
  • Makanan laut (sea food). Makanan jenis ini sebaiknya dibatasi atau bahkan dihindari oleh penderita penyakit asam urat. Contoh makanan pantangan asam urat jenis sea food yaitu: kerang, ikan asin, ikan teri, sarden, makarel (ikan kembung), tiram, udang, lobster, atau kepiting.
  • Sayuran, ada beberapa jenis sayuran yang memiliki kadar purin tinggi seperti bayam, kembang kol, asparagus, kacang polong, atau jamur. Makanan jenis ini cukup dibatasi konsumsinya saja dan bukan termasuk pantangan asam urat yang harus dihindari.
  • Bir, minuman ini mengandung tinggi purin dan bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah dan termasuk jenis minuman pantangan asam urat.
  • Gula, sebenarnya gula termasuk rendah zat purin. Namun penderita penyakit asam urat sebaiknya membatasi konsumsinya, karena bisa menyebabkan diabetes atau obesitas yang bisa memperburuk gejala penyakit asam urat.

BACA JUGA:

Menjauhi makanan pantangan asam urat bisa membantu tubuh dalam menurunkan kadar asam urat dalam darah Anda. Penyakit sam urat memang tidak bisa disembuhkan dengan hanya menjadikan jenis makanan sebagai pantangan asam urat. Namun hal ini bisa menurunkan risiko terkena serangan asam urat berulang yang membuat tubuh nyeri, sekaligus memperlambat kerusakan pada persendian.

Waspada!

Bisa mengakibatkan

KAPSUL

HERBURAT

100% bahan alami

Membantu menurunkan asam urat

Kapsul Herburat resmi diperjualbelikan di Indonesia dengan register otentik BPOM bernomor POM TR. 103 310 171.