Makanan Untuk Penderita Asam Urat, 5 Jenis Makanan Ini Aman Untuk Penderita Asam Urat

Dzafaherba.com – Makanan untuk penderita asam urat. Disamping makanan pantangan asam urat, masih banyak makanan untuk penderita asam urat. Sudah diketahui bahwa makanan pantangan asam urat adalah makanan yang mengandung kadar zat purin yang tinggi. Jenis makanan tinggi zat purin adalah makanan yang sebaiknya dibatasi atau bahkan dihindari oleh pendererita penyakit asam urat.

Beberapa jenis makanan justru dianjurkan untuk penderita penyakit asam urat, karena kandungan zat di dalamnya bisa mengontrol dan bahkan bisa membantu meluruhkan asam urat.

Berikut ini beberapa jenis makanan untuk penderita asam urat. Jenis makanan ini bermanfaat untuk menekan resiko gejala penyakit asam urat.

  1. Buah-buahan
    Buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu merah, kiwi, ceri, lemon dan tomat dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Kandungan vitamin C dalam buah akan membantu meluruhkan asam urat serta mengeluarkannya melalui urine. Selain buah yang mengandung vitamin C, buah yang kaya serat juga bagus untuk penderita penyakit asam urat, misalnya: pisang, apel, buah pir, dan anggur.
  2. Sayur-sayuran
    Beberapa jenis sayuran memang mengandung zat purin yang tinggi, namun ada pula jenis sayuran yang rendah zat purin yaitu: mentimun, daun selada, dan kentang. Selain itu sayuran yang kaya akan antioksidan dan tinggi serat seperti kol merah, paprika, dan wortel merupakan makanan untuk penderita asam urat yang bagus.
  3. Air Putih
    Mengonsumsi air putih sangat penting bagi kesehatan tubuh. Bagi penderita penyakit asam urat dianjurkan untuk banyak minum air putih. Hal ini karena air putih akan sangat membantu meringankan kerja ginjal dalam mengurai zat purin menjadi asam urat dan mengeluarkannya melalui urin. Asupan setidaknya dua liter air putih per hari sangat bagus untuk penderita asam urat.
  4. Karbohidrat kompleks
    Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Misalnya kentang, beras merah, jagung, dan ubi. Mengonsumsi sumber karbohidrat kompleks bertujuan meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urin.
  5. Susu rendah lemak
    Susu rendah lemak beserta produk olahannya baik untuk dikonsumsi penderita penyakit asam urat. Misalnya susu dan yoghurt yang selain rasanya lezat dan ternyata juga mampu menurunkan kadar asam urat.

BACA JUGA:

Kapsul Herburat
Kapsul herbal yang terbuat dari ekstrak buah mahkota dewa, daun songgo langit, dan daun beluntas. Membantu menurunkan kadar asam urat. Resmi diperjualbelikan di Indonesia dengan register otentik BPOM bernomor POM TR. 103 310 171. Selengkapnya >>

Demikianlah beberapa jenis makanan untuk penderita asam urat, dengan mengkonsumsi jenis makanan tersebut diharapkan kadar asam urat bisa terkontrol. Semoga bermanfaat !

Waspada!

Bisa mengakibatkan

KAPSUL

HERBURAT

100% bahan alami

Membantu menurunkan asam urat

Kapsul Herburat resmi diperjualbelikan di Indonesia dengan register otentik BPOM bernomor POM TR. 103 310 171.