Gejala Asam Urat itu Apa Saja? Kenali Sedini Mungkin dan Segera Atasi

Dzafaherba.com – Gejala asam urat itu apa saja? Mungkin ini pertanyaan yang pernah terlintas di benak Anda. Penyakit asam urat jamak diderita oleh orang-orang di sekitar kita, oleh karenanya sangatlah wajar jika kita harus waspada dan bisa mengantisipasi penyakit asam urat diantaranya dengan cara mengenali ciri-ciri asam urat atau gejala asam urat.

Apa itu asam urat? Asam urat (uric acid) adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi serta merupakan hasil samping dari pemecahan sel dalam darah. Zat purin bermanfaat untuk regenerasi sel atau pembentukan sel-sel baru untuk menggantikan sel tubuh yang rusak, membentuk DNA dan RNA dalam tubuh, serta sebagai cadangan energi jangka pendek. Nah, sekarang jadi tahu bahwa sebenarnya zat purin bermanfaat bagi tubuh.

Dalam kondisi normal, asam urat (uric acid) yang merupakan sisa metabolisme dari zat purin dikeluarkan oleh ginjal melalui urin. Namun jika proses metabolisme terganggu yang mengakibatkan asam urat tidak dikeluarkan sempurna melalui urin, dari sinilah awal penyakit asam urat terjadi. Artinya jika asam urat tersisa di dalam tubuh, maka asam urat akan terkumpul di persendian tulang misalnya di sendi ruas jari tangan atau kaki, pergelangan tangan dan kaki dan beberapa sendi lainnya.

Kapsul Herburat
Kapsul herbal yang terbuat dari ekstrak buah mahkota dewa, daun songgo langit, dan daun beluntas. Membantu menurunkan kadar asam urat. Resmi diperjualbelikan di Indonesia dengan register otentik BPOM bernomor POM TR. 103 310 171. Selengkapnya >>

Jika dilihat dengan mikroskop asam urat berbentuk kristal yang berujung runcing, sehingga wajar saja penderita penyakit asam urat merasakan nyeri sendi yang hebat. Berikut ini gejala asam urat atau ciri-ciri asam urat pada penderita penyakit asam urat:

  1. Rasa Nyeri di Jempol Kaki
    Akibat penimbunan kristal asam urat, jempol kaki merupakan bagian pertama yang terasa nyeri. Biasanya rasa nyeri itu terjadi berulang. Selain mengganggu aktivitas, rasa nyeri ini bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani.
  2. Pembengkakan di Area Jempol Kaki
    Jempol kaki yang mengalami nyeri berulang kali lambat laun mengalami peradangan (bengkak). Pembengkakan tersebut bisa meluas sampai bagian tumit. Gejalanya ditandai dengan warna kemerahan pada kulit, terlihat menonjol serta meradang. Jika tidak segera ditangani, indikasi ini akan meluas sampai ke bagian betis.
  3. Sendi Kaki Terasa Kaku
    Pernahkah Anda merasa sulit menggerakkan pergelangan kaki? Hati-hati, karena gejala ini menandakan serangan penyakit asam urat. Rasanya seperti ada yang mencengkeram sendi sehingga menjadi kaku. Gejala tersebut juga dibarengi rasa pegal dan linu.
  4. Kaki Sering Kesemutan
    Kesemutan ditandai dengan mati rasa di bagian kaki. Kesemutan biasanya terjadi jika terlalu lama duduk bersila, secara umum gejala ini terjadi karena peredaran darah tidak lancar. Namun jika kesemutan berlangsung lebih lama dari biasanya patut diwaspadai mulai munculnya gejala asam urat. Gejalanya kesemutan tidak hanya menyerang kaki tetapi juga sendi di sekitar tangan.
  5. Timbul Rasa Panas pada Sendi Kaki
    Kesemutan yang tidak ditangani akan menimbulkan rasa panas yang disertai nyeri.

BACA JUGA:

Itulah beberapa beberapa gejala asam urat yang patut diwaspadai. Jika ciri-ciri asam urat ini Anda alami, wajib bagi Anda untuk segera mengatasinya. Gejala asam urat awal ini biasanya terjadi dalam rentang waktu 6 – 24 bulan, dan jika tidak tertangani dengan baik akan mengakibatkan peradangan yang makin parah dan bahkan bisa merusak ginjal. Hal ini karena kristal asam urat juga tertimbun di ginjal.

Waspada!

Bisa mengakibatkan

KAPSUL

HERBURAT

100% bahan alami

Membantu menurunkan asam urat

Kapsul Herburat resmi diperjualbelikan di Indonesia dengan register otentik BPOM bernomor POM TR. 103 310 171.